Instagram Beracun? Ini Obatnya

February 16, 2018

kemarin ada yang bilang main instagram cuma bikin tambah stress aja. di sana orang berlomba-lomba membuat tampilan biar telihat lebih kaya, lebih cantik dan lebih lebih lainnya. buat yang memang punya modal sih gampang ya, tapi kalau orangnya miezqeen seperti saya gimana? si penulis memposisikan dirinya yang pernah terseok-seok mengejar 'feed yang bagus' di instagram. sampai akhirnya menyerah karena nggak sanggup.



saya setuju dengan apa yang mbaknya utaran itu. apalagi beberapa hari belakangan ngerasa ada yang salah sama hidup saya. kenapa orang lain kelihatan bisa hidup nyaman sedangkan saya nggak. tahu dari mana hidupnya nyaman? DARI INSTAGRAM LAH DARI MANA LAGI. mereka-mereka bisa plesiran atau belajar ke luar negeri. pakai coat yang lucu-lucu dan ngerasain salju. udahlah pokoknya langsung iri dengki stress sendiri.

gelombang iri dan dengki tidak terelakkan lagi. ya tinggal nggak usah difollow dong, MOON MAAP SAYA NGGAK FOLLOW. tapi di tap explore dan suggest friends itu lho yang sering sliweran. terus ada yang riya dong, terus saya jadi iri dong. saya percaya kemampuan orang dalam menghadapi sakit dan masalah itu berbeda-beda. termasuk kemampuan bertahan dari gempuran riya-riya terselubung itu juga. saya termasuk yang gampang iri dan dengki gitu orangnya. iya. terus jadi nyalahin diri sendiri, kenapa saya nggak pinter? dulu nggak belajar yang bener, masuk IPA, masuk kedokteran atau masuk universitas mahal jurusan teknik terus kerja di perusahaan gas dan minyak yang bisa dapat gaji puluhan yuta perbulan jadi bisa foya-foya keliling dunia.

saya nggak bisa kasih kata-kata mutiara untuk memuji keadaan saya atau orang lain sekarang karena pada akhirnya saya emang ngerasa sedih dan ngerasa nggak berguna. i am okay and my emotion is real. bilang saya cantik dan baik-baik saja dengan membanjiri quotes dan kata mutiara padahal saya lagi sedih dan merasa iri dengki ke orang lain namanya munafique. setuju?

dan bilang jangan sedih dan iri karena banyak orang yang jauh di bawah kamu juga sama sampahnya. kaya kamu bilang jangan bahagia karena ada orang yang lebih pantas bahagia dari kamu. SAMPAH. orang sedih kok dilarang.

kembali ke instagram. platform ini memang semenyeramkan itu lho. karena tahu lama-lama kalau dibiarin nggak bakal sehat juga dan KRIM ANTI AGING MAHAL BOOOOK saya memutuskan untuk sedikit mengurangi frekuensi kepo pada hal-hal yang bisa bikin saya stress sendiri. mohon digaris bawahi ya MENGURANGI. soalnya untuk berhenti total saya belum bisa, karena kadar penasaran saya memang cukup besar.
selain mengurangi kepo juga menambah akun-akun berfaedah buat memenuhi timeline. contohnya akun illustrator, resep masakan dan olshop. yang terakhir memang sedikit bikin nggak sehat dompet ya tapi who cares? we love online shopping!

biarlah timeline saya penuh sama foto gambar lucu, makanan enak, baju-baju, tas-tas dan sepatu-sepatu yang minta dibeli daripada penuh sama postingan yang bikin dengki. satu lagi ini buat yang difollowingnya ada akun-akun yang juga bikin dengki, tapi demi menjaga kedamaian dunia persilatan tidak mungkin untuk unfollow, bisa kurang-kurangin (atau berhenti sama sekali) untuk like atau komen postingan orang tersebut.  secara ya instagram sekarang pengaturan aloritmanya aneh. pada ngerasa kan? foto dua atau hari yang lalu bisa muncul paling atas waktu buka instagram. yang foto baru diposting malah kekubur. sudah bukan foto real time lagi yang muncul. ini ya bisa-bisa dituduh stalking kalau mencet like di foto yang lamaan dikit.
PLEASE DEAR INSTAGRAM, BRING OLD REAL TIME ALGORITHM BACK!

terus foto yang sering muncul paling atas itu yang gimana? jawabnya adalah yang sering berinteraksi sama kita. baik yang sering kita like postingannya atau yang sering like atau komen postingannya kita. kan tadi sudah ya perbanyak following akun-akun berfaedah, sekarang saatnya rajin likes dan komen ke akun-akun itu biar sering muncul di timeline, biar timelinenya nyenengin, biar kitanya hepi!

gimana? sekalian saya kasih rekomendasi akun yang worth to follow apa ya? mau ya? ya?

1. kohatanpe (https://www.instagram.com/kohatanpe/)
akun ini isinya foto-foto anak kecil dengan latar belakang dan tone yang adem banget khas jepang.



2. kcstauffer (https://www.instagram.com/kcstauffer/)
akun ibu 5 anak yang sering posting video si kembar mila dan emma. beberapa obrolan mila dan emma ini sempet viral karena lucuk banget, they such an adorable smart yet nyebelin kids.



3.mikelowerystudio (https://www.instagram.com/mikelowerystudio/)
postingannya gambar lucu-lucu terus suka kasih fakta-fakta dan info berfaedah dan kadang juga ngga berfaedah.


4. ditut (https://www.instagram.com/ditut/)
ibu 3 anak asal indonesia yang sekarang stay di US dan masih sempet-sempetnya berkarya. nggak jarang anak dan suaminya juga berkolaborasi, kompak banget.


5. dapur_yushima (https://www.instagram.com/dapur_yushima/)
inspirasi bekal di sini gampang banget dipraktekin, aku suka gemes sama foto bekal-bekal gini. karena belom ada yang dibawain bekal, kerja juga masih di rumah, jadi hasrat ngebekal juga mentok ngeliatin akun-akun aja.



6. thegoodquote (https://www.instagram.com/thegoodquote/)
seperti namanya, isinya bukan lirik lagu dangdut dong yaaaa.



7. drama.olshop (https://www.instagram.com/drama.olshop/)
ada yang belum follow akun receh ini? rugi. karena saya bisa ketawa-ketawa sendiri baca postingannya. iya selucu itu eh apa sayanya sendiri yang segampang itu dibikin ketawa?


sebenernya masih ada banyak banget akun referensi lain, tapi malas ngecapture satu-satu karena kebayakan. di instagram kalau suka fotografi khususnya styling photography juga bisa follow akun uploadkompakan, biasanya sehari ada tema tertentu dan followersnya bisa posting sesuai tema dan aturan di akun tersebut. quite challenging tapi seru! biasanya yang ikutan pada sering kasih likes jadi ntar jadi tiba-tiba banyak yang ngelike gitu. hahaha.

jadi kamu-kamu yang sering iri dengki sama postingan orang lain di instagram mau coba cara-cara di atas kaya saya? yuk barengan!

You Might Also Like

1 comments

  1. drama olsop sekarang banyak iklannya ah hehe

    ada juga ig fav sha yg worth to follow @mmehuillet :)

    ReplyDelete

Popular Posts

Part of

Blogger Perempuan