tentang tinder

November 02, 2018


selamat sore! di tengah kerjaan yang membludak hari ini, berani sekali ya hamba sempet-sempetnya nulis satu postingan yang sepertinya bakal panjang. ya gimana, kalau ndak saya tulis nanti jatohnya malah jadi beban ke kerjaan yang lain, jadi ndak bisa konsen. tulisan ini nggak lain nggak bukan akibat dari terpancing  twit yang saya baca siang tadi...soal dating online.


jadi seperti itu twit yang sempet menarik perhatian saya sampai terciptalah postingan yang nggak begitu berguna tapi semoga ada hikmahnya ini. kebacanya memang agak general ya, ayo kita bahas.

zaman sekarang semua hal memungkinkan untuk dilakukan secara online. mau makan males keluar, tinggal pencet layar hp, tunggu pesanan datang. butuh baju baru tinggal buka aplikasi, tinggal tunggu baju diantar, kelar. hampir semuanya bisa dilakukan via aplikasi termasuk sekarang, cari jodoh. let me mention salah satu aplikasi yang termasuk paling banyak dipakai dan kebetulan saya juga pakai yaitu tinder. weits, iya saya juga pakai ada kayaknya sudah setahun ini walaupun kenyatannya masih gini-gini aja. i mean, iya saya masih single. nggak usah dikasihani, cukup dikenalin ke temen yang worth my time aja kalau beneran peduli.

oke lanjut,kenapa memutuskan untuk download tinder? segitu sudah putus asanya? well, bohong kalau saya bilang main tinder hanya untuk seru-seruan, kalau cuma buat iseng atau main-main saya downloadnya mobile legend ya bukan tinder. jadi saya download tinder memang niatnya buat nyari pasangan. percaya saya pasangan bisa ketemu di mana aja, bisa di pasar, di kantor, di jalan, di starbak, termasuk di tinder juga bisa. yang nikah dari ketemu dari tinder ada dan tidak menutup kemungkinan saya juga seperti itu. who knows? dibilang putus asa juga kayaknya bukan (atau belum?) setidaknya saya nggak setiap hari buka tinder dan swipe-swipe sampai mentok. paling seminggu sekali dan buka lagi kalau pas ada yang match. sesantai itu.

nggak takut gitu diajak ketemuan sama orang asing? nanti kalau diapa-apain gimana? gini lho dikenalin temen sendiri sama orang asing, risikonya juga sama, kita juga bisa diapa-apain. nggak ada yang menjamin orang baru yang dikenalin sama temen itu ‘aman’ buat kita. namanya juga orang baru kenal, semua kemungkinan; mungkin.  walaupun dari 140 sekian match saya di tinder belum ada satupun yang bisa diajak ketemuan, dari yang ngobrol ternyata nggak nyambung, ngechat terlalu banyak pakai ‘wkwkwkwkwk’, lokasinya jauh, sampai kami yang nggak niat-niat amat buat ketemu.

soal takut nggak personal info yang tersebar, i even have an instagram account that i consiously know what i post there. tinder sih menurut saya sama aja kaya social media yang lain, malah orang bisa lebih mudah nyari informasi tentang saya ya dari instagram atau twitter kok. jujur dengan upload foto saya di instagram, twitter dan media sosial lain saya membuka jalan untuk foto saya disalahgunakan. meski saya nggak membenarkan, tapi memang ada beda risikonya orang yang dari awal tidak punya media sosial dengan orang yang memang aktif di media sosial kan?

saya nggak bilang kalau tinder 100% aman, sekali lagi semua kemungkinan; mungkin. tapi sebisanya kita bisa kok menghindari hal negatif yang bisa aja terjadi. ini saran saya aja ya, kalau mau ketemuan sama match yang kenal di tinder, sebisa mungkin segera setelah tukeran kontak. jangan tunggu lama-lama, keburu baper dan mupuk ekpektasi itu tydac pernah baik, dinda. duh yang namanya perempuan ya, apalagi single lama kaya saya, tiap jam dichat aja udah seneng lho (apalo apalo yang udah ada pasangan nggak usah ngeledek) dikasih perhatian dikit, ditanyain kabar tiap hari, belum ketemupun rasanya kupu-kupu di perut udah beranak pinak. DAN ITU NGGAK BAIK. sengaja dicapslok biar kebaca.

selalu inget kalau semua hal yang dibagikan di media sosial dan aplikasi chatting belum tentu adalah yang sebenernya. kita belum bener-bener kenal dia sebelum ketemu dua-tiga kali dan ngobrol tatap muka secara langsung.  jadi please, mau seganteng apapun, semapan apapun kalau belum ketemu dan ngobrol banyak JANGAN JATUH CINTA DULU. nah lho capslok lagi. asli ya walaupun kayaknya gampang tapi ini susah banget. jangan sedih, saya juga sempet ngerasain kaya gitu. ngerasa udah nyaman banget, ngobrol apapun enak tapi belum ketemu, saya terpaksa harus nge-cut perasaan saya. pelan-pelan ngurangin intensitas chatting dan menyibukkan diri. karena kami nggak ada tanda-tanda bakal ketemu dan saya masih cukup waras untuk nggak lama-lama baper. 

saya pernah baca, saat clueless, saat tidak bahagia, kita mudah sekali terperdaya. sedikit diberi perhatian dan kehangatan, jadi baper. jadilah semakin kita kesepian, semakin mudah kita jadi sasaran empuk para bajingan. ya hasilnya nanti kemungkinan besar kita akan jatuh cinta pada orang yang salah, karena yang kita dapat bukan orang yang TERBAIK tapi yang TERSEDIA. ketidakbahagiaannya kita, kesepiannya kita, ketiadaprestasiannya kita akan membuat kita tertarik pada orang yang buruk. jadi pakai tinder (menurut saya) sah-sah aja asal kita cukup bahagia dan sibuk ngurus diri sendiri sehingga nggak mudah attach pada sembarang orang. ini juga berlaku di luar tinder lho, bahkan ke orang yang dikenalin sama temen dan orang tua,kapan saja..SAAT KITA MEMUTUSKAN UNTUK MULAI MENCARI PASANGAN.

tinder harusnya sih nggak selalu dianggap buruk ya, hampir nggak ada bedanya kok sama ketemu di mushola kantor terus nyapa ‘boleh kenalan?’. sejauh ini match tinder saya juga masih normal-normal,tapi yang belum ketemu udah ngajakin nikah, ada. tiba-tiba minta dikirim foto KTP, ada (kayaknya dia bakal baca deh, halo!). pernah juga ketemu temen sendiri, baru nikah beberapa bulan padahal, udah pasang foto terbaru dong di tinder. well, nggak selalu dianggap buruk juga ada sisi nggak selalu baik. 

jadi saran saya kalau kamu siapapun yang baca ini kebetulan pakai tinder dan udah pengen ketemu tapi takut, coba ketemunya di tempat yang ramai tapi cukup nyaman buat ngobrol berdua. bisa ajak temen kalau mau lebih aman, tapi kasih temennya duduk di meja lain yang agak jauhan. takutnya bukannya kecantol sama kita eh sama temen sendiri nanti, kan sakit ya kalo gitu.

jadi,single setelah baca ini ada yang jadi tertarik pakai tinder juga?

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Part of

Blogger Perempuan