thailand trip: day 3 (santorini park and camel republic)

November 14, 2018


eh, itu santorini park ya?  ke sananya gampang nggak sih kalau dari bangkok? tanya seseorang via direct message instagram saya. santorini park memang sempet viral banget sekitar tahun 2016 dan jadi opsi tujuan wisata lain selain pattaya yang sudah mainstream untuk turis. jadi untuk menjawab gimananya bisa sampai ke santori park saya tulis di sini ya!



1. SANTORINI PARK
kalau ngomongin wisata ke thailand, biasanya orang langsung ingetnya temple-templenya dan pattaya. tapi untuk perjalanan saya kali ini sengaja saya nggak masukin pattaya ke itinerary. saya sempet searching dulu sebelum berangkat cari-cari info tentang pattaya dan hasilnya nggak terlalu impresive. kalau ngomongin soal pantai, indonesia punya lebih banyak pantai yang jauh lebih bagus (dan sepi) dibandingkan pattaya kok jadi kalau mau lihat pantai mending ya di kampung sendiri aja. setelah mencoret pattaya dari list, nemulah santorini park yang letaknya di cha-am.
santorini park itu apa sih? santorini park ini aslinya hotel dengan fasilitas taman bermain (mini theme park) bertema santorini, sebuah pulau di yunani dengan dominasi bangunan berwarna biru dan putih. kalau mau nginep hotelnya bisa, cuma masuk theme parknya juga bisa, tinggal bayar tiket masuknya aja.

banyak orang salah soal santrorini park berada di hua hin, padahal sebenernya ada di cha-am, kawasan  sebelum hua-hin. untuk sampai cha-am bisa sewa mobil, naik bus dan naik van. kalau mau praktis sih enak sewa mobil ya, tapi sewa mobil kesana rata-rata biayanya 4,000 baht (atau sekitar 2 jutaan) udah seharga tiket pesawat jakarta-bangkok pp masih ada kembalian pula, jadi mending pakai transportasi umum kan.

setelah sarapan dari hostel saya berangkat sekitar jam 9 ke terminal mo chit naik grabcar. sebenernya bisa aja sih kalau mau naik BTS, tapi karena kami juga ngejar waktu dan lagi malas kesasar, jadi udah paling bener naik grab car aja. sampai stasiun mo chit, kami nyari loket yang jual tiket ke cha-am, tapi ternyata loket yang jual destinasi ke selatan thailand sudah pindah ke bangunan warna oren di seberang. nggak jauh sih, cuma nyebrang jalan raya. 

nyesel banget nggak sempet ambil foto terminalnya. karena terminal ini bagus dan rapi. bangunan di dalamnya mirip seperti bangunan bank, ada teller-teller yang melayani pembelian tiket. setelah bayar sebesar 160 baht, nanti diarahkan ke pintu belakang, nah di sini udah banyak van yang berjejer sesuai tujuannya masing-masing. 


ada cerita menarik waktu saya di perjalanan naik van ini. jadi tiket yang saya beli sebelumnya ada tulisan disc 20 bath, sebagai wanita peka potongan harga, saya penasaran nih ini 20 bath potongan buat apa? apa diskon buat perjalanan pulang? atau diskon waktu masuk ke santorini parknya? atau diskon potongan harga ongkir shopee? YA ENGGAK MUNGKIN DONG YA.


secara tulisannya full pake tulisan thailand begini mana ngerti saya kan. coba saya tanya ke bapak yang duduk di kursi sebelah saya. ya dijelasin sih...pake bahasa thailand. BAIK. yaudahlah ya saya terima nasib. mungkin bukan rejeki saya. sudah berusaha ikhlas nih. mengalihkan perhatian ke jalan. lima belas menit, setengah jam, sambil ngantuk-ngantuk, sampai akhirnya bapak-bapak di sebelah nepuk lengan saya. nyodorin handphonenya yang di layarnya ada google translet bertuliskan ‘diskon untuk tiket perjalanan pulang’. jadi selama hampir satu jam ini si bapak sibuk sama google translet cuma buat nyari itu. UDAHLAH SAYATUH LEMAH KALAU SOAL BEGINIAN.

perjalanan ke cha-am dari bangkok ada sekitar 3 jam, kaya semarang-jogja tanpa macet. sangking ngerasanya lama banget nggak sampai-sampai,sempet ada pikiran nggak enak juga sebenernya, gimana kalau nyasar? gimana kalau tempatnya kelewat? gimana kalau sopirnya lupa kalau kami minta turun di santorini park? gimana kalau kami yang satu-satunya turis di van ini malah disasarin ke tempat lain? pikirannya udah macem-macem pokoknya. 

sampai akhirnya setelah perjalanan yang nggak sampai-sampai kami diturunin tepat di seberang santorini park kalau nggak salah di depan persis swiss sheep farm (theme park lain dengan tema peternakan). begitu turun, jalan dikit aja ada kaya terowongan bawah tanah untuk nyeberang ke santorini park, tinggal susurin aja tuh terowongannya sekitar 2 menit sampai deh.





untuk free wahananya kami pilih bianglala jadi bisa melihat chaam dari atas

di dalam santorini park ini selain ada wahana seperti rumah hantu, go cart, bianglala juga ada tenant-tenant merk terkenal dan cafe-cafe. Tiket masuknya sebesar 150 baht untuk turis asing dengan gratis 1 tiket wahana bebas pilih.

2. CAMEL REPUBLIC
sehabis dua jam berkeliling santorini park, saya memutuskan untuk pindah ke camel republic. hampir sama seperti santorini park, camel republic adalah mini theme park dengan konsep timur tengah. sebenernya di kompleks yang sama ada beberapa theme park dengan tema yang berbeda yaitu santorini park, swiss sheep farm, camel republic dan the venezia. kenapa pilih camel republic karena bangunan di sana sepertinya lebih cantik, jadilah ke camel republic dengan jalan kaki.


dibilang jauh juga sebenernya nggak ya, cuma jalan kaki sekitar 30 menit dari santorini park tapi ya cukuplah bikin ngos-ngosan, NAMANYA JUGA DEMI KONTEN YA KAN. 

sama seperti santorini park, tiket masuk ke camel republic sebesar 150 bath untuk turis asing dengan satu tiket gratis kasih makan unta. iya, di camel republic ada semacam kebun binatang mini yang kebanyakan hewannya ala-ala timur tengah dan unta salah satunya. camel republic ini saya rekomendasikan sekali terutama kalau ada yang bawa anak. karena bisa buat lihat hewan-hewan, tempatnya juga relatif lebih sepi daripada santorini park, jadi lebih nyaman.








setelah dari camel republic, kami langsung cus balik ke bangkok. sebelumnya kami tanya dulu apa pihak camel republic bisa memesankan van untuk pulang balik ke bangkok, tapi ternyata nggak bisa. jadi terpaksa kami balik lagi ke santorini park untuk dipesankan van pulang. van terakhir dari santorini park sekitar jam 5 jadi sebaiknya sebelum jam 5 sudah stay di santorini ya karena kalau sudah ketinggalan van terpaksa harus nginap karena udah nggak ada transport untuk pulang. 

seperti perjalanan berangkat, pulang ke bangkok juga butuh waktu 3 jam dan nanti berhenti terminal mochit sebagai pemberhentian terakhir. dari terminal mochit kami lanjut naik grabcar ke hostel di daerah bangkrak.

sampai hostel udah capek banget rasanya jadi memutuskan untuk cari makan yang dekat-dekat aja, di food bazaar depan hostel. kami pesan nasi goreng dan tomyum yang super enaaaaak dan porsinya besar. thailand emang surganya makanan, enak, murah dan porsi kuli laaavvvvvv pokoknya.


blogpost selanjutnya akan mengenai hari terakhir kami di thailand tidak lain tidak bukan nyari oleh-oleh dan wisata belanja, ditunggu ya!

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Part of

Blogger Perempuan