pelajaran dari perjalanan ke Jogja (bukan sebuah itinerary)

August 03, 2018

beberapa waktu yang lalu saya dan 3 orang teman lainnya pergi ke jogja, semacam short trip 2 hari 3 malam. tulisan ini nggak akan berupa itinerary atau catatan perjalanan selama di jogja ya, tapi seperti judulnya; satu hal yang saya dapat dari perjalanan singkat saya. pelajaran yang surprisingly sedikit banyak mengubah cara pandang dan hidup saya.

hari pertama di Jogja saya diawali dengan tour tipis-tipis ke area wisata yang memang touristy banget hasil dari beberapa kali konsultasi dengan biro tour yang kami gunakan jasanya. salah satu tujuan kami ke daerah jurang tembelan lanjut ke hutan pinus asri yang masih satu kawasan. semua berjalan lancar, kami happy dan ambil foto banyak sekali. update sosial media juga tidak terlewat ya, sampai ada satu chat masuk dari seorang teman mengomentari status whatsapp saya, seno namanya, seorang teman sekelas waktu SMA.

mengomentari foto saya sewaktu di pinus asri, dia mengkonfirmasi bahwa saya sekarang di jogja. dengan sedikit bercanda saya minta dia untuk ngantar jalan-jalan, mumpung sedang di kota dia kuliah s2. kagetnya saya, dia mengiyakan. tapi jujur saya sih nggak berharap banyak, secara kenal seno dari jaman SMA kaya udah hafal sifatnya yang kadang slengekan, tidak serius dan suka bercanda. termasuk soal ini juga bisa jadi kan?

hari kedua, giliran tujuan kami ke daerah magelang, ke taman bunga matahari dan borobudur yang kebetulan hari itu sedang ada festival. seno masih bertanya bisa ketemu kapan, saya bilang besok, sekalian pulang. besoknya, hari terakhir kami di jogja, seno datang ke penginapan kami di daerah alun-alun kidul, lho kok beneran datang? kirain cuma bercanda.

kemarin saya sempet bilang saya pengen coba gelato yang terkenal banget di jogja, seno mengiyakan buat mengantar, sampai di tempatnya antrian penuh sampai keluar. kecewa. seno kasih pilihan lain buat ke pantai tapi waktu itu jogja juga lagi panas-panasnya, terus nggak jadi. opsi lain dari saya adalah candi prambanan dan oke kami kesana. jogja panas banget banget banget saat itu, sampai 34° daaaaaan macet. masalahnya bis terakhir untuk pulang ke kudus ada tapi jam 17.00. perjalanan ke prambanan kami sibuk telfon agen bis satu persatu,niatnya mau tanya dan booking bis pulang tapi ternyata penuh semua permirsa! harusnya sih bisa ya nggak usah mampir ke prambanan tapi langsung nyari bis pulang, tapi ya KAN YA MEMANG PENGEN LIAT CANDINYA.

seno, dia juga bantu searching nomer agen-agen bis sekitar jogja, ngecek jadwal dan nemu agen travel sekitar jombor yang terakhir berangkat jam 18.00 plus masih ada kursi sisa. lega. tapi tetep kami sih pengennya bisa sampai jombor sebelum jam 17.00 biar bisa dapat bis langsung ke kudus tanpa mesti transit semarang dulu. di prambanan kami cuma sebentar karena keburu waktu, sekali lagi jogja itu macet, parah, apalagi di  jam-jam sore pulang kantor dan kuliah.

sampai jombor jam 17.30, padahal sudah ngebut dari prambanan dan bisnya ya udah nggak ada dong ya. udah sepi. sampe seno muterin 3x buat ngecek mana tahu aja bis yang ngetem belum berangkat, tapi tetep ya nggak ada. akhirnya kami ke agen travel yang sebelumnya kami hubungi, book untuk 2 seat dan...hamdallah masih. iya 2 aja karena temen saya yg 2 sudah pulang pagi harinya. berhubung jam keberangkatan masih lama, seno bilang mampir dulu buat makan. dari agen travel kami ke MCD beli burger dan ice cream, terus balik lagi ke agen travel buat nunggu bis. bis datang, seno pulang. kami berangkat.

di perjalanan pulang saya kaya berfikir kok seno yang saya kenal bisa sebaik ini, padahal sempet suuzhon duluan.  mau-maunya nganter ke prambanan sampai ke jombor (yang mana dari ujung ke ujung). mau-maunya repot nyariin bis dan tanya-tanya rekomendasi tempat makan enak di sekitar prambanan ke temennya. mau-maunya panas-panasan dan macet-macetan padahal kalau saya jadi dia, saya mah ogah. saya, orang paling tidak suka repot dan direpoti sedunia akan lebih memilih pura-pura nggak tahu dan diem di rumah aja, nonton drama korea. saya dibaikin kaya gitu, saya sendiri ngerasa nggak pantes. saya ngerasa buruk sekali.

jujur itu kaya semacam titik balik kecil saya, untuk lebih menghargai temen-temen yang baik ke saya. saya kaya ngerasa bersalah dengan komen, chat dan DM dari temen-temen saya, yang cuma saya baca dan terus lupa sebelum sempat terbalas. saya mulai menyapa teman-teman yang dulu pernah dekat, tanya kabar, beberapa ada yang sudah jadi ibu muda, saya kirim satu dua hadiah untuk anaknya. lalu lega. melakukan satu hal baik sederhana semelegakan ini ternyata.

perjalanan, ada yang bilang bukan tentang tujuan dan siapa yang menemani kita, tapi pelajaran apa yang kita dapat. dan jogja sudah mengajari saya satu hal yang besar. saya percaya kebaikan yang sudah kita terima wajib diteruskan kepada orang lain walaupun dengan cara berbeda. postingan ini semoga jadi pengingat untuk nggak males bantuin temen, untuk berbuat baik ke temen, untuk balas kebaikan temen. karena temen yang sudah baik sama kamu sebenernya punya pilihan buat melakukan hal yang nggak baik ke kamu, tapi mereka memilih buat nggak melakukan itu.

apresiasi mereka. teruskan kebaikan mereka. semoga kita sama-sama jadi pribadi baik yang bahagia.